Minggu, 27 November 2016

Bab 8 Bentuk-Bentuk Pasar

—A . PENGERTIAN PASAR

—Pasar adalah keseluruhan permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) yang melakukan transaksi atas barang dan jasa tertentu.

—1 . syarat pasar

—Ada penjual

—Ada pembeli

—Ada uang

—Ada barang

—Ada tempat

—2 . Fungsi pasar

—Fungsi distribusi

— Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsenke konsumen.

—Fungsi pembentukan harga

— Dalam fungsi pembentukan harga, pasar berperan mewujudkan kesepakatan harga antara penjualdan pembeli.


—3 . Pasar menurut Wujud atau Bentuknya
—Pasar nyata (konkret)
— Pasar dimana penjual dan pembeli bertemu, ada tawar-menawar, ada dagangan, sertatrtansaksi penyerahan barang dagangan.
—Pasar tidak nyata (abstrak)
— Pasar dimana penjual hanya membawa contoh barang yang diperdagangkan atau dijualkepada konsumen, jika sudah terjadi kesepakatan konsumen membanyar dan penjual,mengirimkan barangnya sesuai pesanan.

—B . JENIS-JENIS PASAR
—1 . Pasar persaingan sempurna (perfect competition market)
—Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana terdapat banyak pembeli dan banyakpenjual yang menjual barang yang sama, sehingga tidak ada pihak yang mampumemengaruhi harga pasar yang berlaku , baik dengan mengubah jumlah penawaranmaupun harga barang produksi. Penyebabnya jumlah transaksi dari setiap individusangat kecil dan tidak berpengaruh pada jumlah dan output produksi secarakeseluruhan. Contoh : seperti beras, gandum, batu bara, kentang dan lain-lain.
—2 . Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market)
— Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana terdapat satu ataubeberapa produsen yang menguasai pasar (harga) atau satu beberapa konsumen yangmenguasai pasar (harga). Contohny seperti Microsoft winsows, perusahaan listrikNegara (PLN), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya.

— Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna:
—Pasar monooli
— Pasar dimana terdapat hanya satu penjual yang menguasai perdagangan barangatau jasa. Penjual menguasai penawaran, sehingga juga sebagai penentu harga(price maker), maka otomatis akan mencapai suatu keuntungan yang maksimal.
—Pasar persaingan oligopoly
— Pasar dimana hanya terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar, sedangkanpembelinya banyak disebut nligopoly. Contoh industi yang termasuk oligopoliadalah industry semen di Indonesia, industry mobil di Amerika Serikat, dansebagainya.




—Pasar persaingan monopolistic
— Bentuk pasar persaingan monopolistik terlatak diantara pasar persaingan sempurna danpersaingan monopoli tetapi lebih cenderung ke pasar persaingan sempurna dapatdidefinisikan sebagai pasar dengan banyak penjual atau produsen yang menghasilkanproduk yang berbeda corak (deferensiasi produk), sehingga setiap produsen mempunyaikemampuan untuk menetapkan harga produknya. Contoh produknya : seperti makananringan (snack), nasi goreng, pulpen, buku, dan sebagainya.
—Pasar monopsoni
— Pasar dimana hanya terdapat satu pembeli sedangkan penjualnya banyak, sehingga pembelisebagai penentu harga atau price maker. Contoh : Di daerah tertentu banyak terdapatpeternak sapi perah, sedangkan daerah tersebut terdapat pula pabrik susu “X” sehinggapara peternak menjual hasil perahannya pada satu pembeli, yaitu pabrik susu “X” sehinggapabrik tersebut sebagai penentu harga susu peternak.

0 komentar:

Posting Komentar